Skip to main content

TIPS Mengemas (Mepersiapkan) KOPER ANDA


Bepergian/liburan  sitilah kerenya traveling sesuatu yang menyenagkan  tetapi urusan mengepak koper bukanlah hal yang menyenangkan.

Dalam proses pengemasan koper,Sesuaikan isi koper dengan destinasi dan aktivitas yang akan dilakukan.berapa lama dan rute tujuan, pastinya akan berpengaruh juga pada jumlah pakaian yang akan dibawa,terlebih  budget airlines cukup giat menimbang koper saat check-in dan mengenakan surcharge. Bahkan seperti RyanAir menghitung biaya bagasi per piece

Sediakan pula tas ransel yang tidak terlalu besar, fungsinya untuk menaruh perlengkapan yang penting & berharga semisal dompet, paspor dan lain-lain

isi tas ransel dengan barang penting/berharga
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menyiapkan koper untuk liburan.

1. Persiapkan dahulu daftar barang yang akan dibawa dan letakan barang-barang tersebut didekat koper. Pastikan barang berat atau keras di taruh pada urutan terbawah.

2. Setiap pakaian harus digulung untuk menghemat tempat dan mengurangi kemungkinan pakaian menjadi kusut. Salah satu gadget yang cukup penting untuk hal ini adalah vacuum bag. Ini basically adalah sebuah plastik yang mempunyai seal udara. Cara pakai vacuum bag ini sangat simple: pakaian dimasukkan ke dalam plastik ini, lalu di-seal/clip menutup rapat plastik ini, dan terakhir udara ditekan keluar menggunakan tangan atau diduduki.Vacuum bag mempunyai beberapa ukuran dan bisa dibeli di Ace Hardware atau inForma Living, cukup umum ditemukan di beberapa kota besar Indonesia. Merek apa pun sepertinya tidak terlalu berbeda, jadi beli yang murah saja. Saran saya beli ukuran S atau M saja kalau ketemu yang seperti gambar. Harga per pack ini sekitar Rp 70,000.
salah satu merk vacuum bag

3. Tempatkan pakaian atau perlengkapan lain yang tidak mudah kusut pada sisi atas koper, untuk melindungi pakaian yang ada di bagian bawah.

4. Saat ruang koper sudah terisi semua, manfaatkan celah yang ada untuk menempatkan barang lainnya, seperti ikat pinggang.

5. Siapkan perlengkapan mandi seperti shampoo, pasta gigi dan sabun dalam kemasan tersendiri. Pilih yang berukuran serba mungil. Jangan lupa masukan juga kaus kaki ke dalam plastik.

6. Tempatkan obat-obatan di tempat yang mudah dicari. Sediakan pula kantong plastik kosong untuk tempat pakaian kotor, letakan di celah koper atau bisa juga gunakan vacuum bag tools untuk pakaian bersih dan pakaian kotor, karena biasa pakaian yang sudah bekas cenderung melar dan susah dirapikan
7. Biasakanlah selalu Anda untuk mencatat barang-barang yang perlu dibawa dan di chek saat mau balik agar nantinya tidak ada yang tertinggal saat berada di lokasi liburan.


Tips lain :Jangan Lupa Barang-barang berharga saat Anda nail pesawat sebaiknya di bawa masuk ke dalam kabin bukan di titipkan ke bagasi kargo pesawat untuk menghindari pencurian.