Skip to main content

3 KIAT Nyaman Menginap di Hotel Berbintang


SAAT berlibur, hal terakhir yang mungkin terbesit dalam pikiran Anda adalah soal keamanan hotel. Tak menutup kemungkinan akan adanya orang yang menerobos kamar secara paksa, kebakaran, gempa bumi, atau juga serangan teroris.

Namun hal ini tidak harus menjadikan Anda terlalu paranoid. Berikut beberapa pencegahan untuk melindungi dari kemungkinan bahaya seperti yang dikutip dari independenttraveler.com :

Sebelum menetap di hotel
Jauh sebelum Anda melakukan pemesanan kamar hotel, pastikanlah beberapa hal. Seperti mencari tahu dengan teliti kondisi keamanan dari negara atau kota yang akan anda kunjungi. Apakah terorisme menjadi ancaman? Apakah wisatawan sering menjadi target kejahatan? Apakah ada kantor polisi terdekat?

Selain mencari tahu keamanan dari daerah sekitar, pastikan pula keamanan tempat dimana anda akan menginap. Cari tahu apakah terdapat penjaga keamanan dan apakah ada kamera pengintai di kawasan hotel.

Pastikan telepon genggam anda berfungsi selama perjalanan. Jika Anda hendak ke luar negeri cari tahu petunjuk penggunaan telepon genggam di negara yang hendak dikunjungi. Jangan lupa simpan nomer telepon yang mengarah langsung ke resepsionis hotel, atau kantor polisi setempat.

Ketika check in
Buatlah salinan untuk passport dan kartu kredit/ATM. Salah satunya tinggalkan pada teman atau anggota keluarga. Hal ini mempermudahkan mereka sekiranya terjadi bencana atau serangan teroris untuk melacak keberadaan Anda. Bawalah salinan satunya selama perjalanan anda. Pastikan untuk menyimpannya terpisah dari yang asli.

Jangan pernah menerima tawaran kamar di ruang bawah tanah. Banyak ahli keamanan merekomendasikan untuk memilih kamar di antara lantai tiga dan lantai enam, dimana letak ruangannya cukup tinggi untuk dijadikan sasaran terobos paksa. Namun, jangan memilih lantai terlalu tinggi karena akan sulit untuk menjangkau tangga darurat.

Ketika tiba di kamar hotel, segeralah cari lokasi di mana rute untuk melarikan diri jika terjadi kebakaran. Carilah tangga atau pintu keluar darurat. Pastikan pula apakah pintu kamar, jendela dan pintu balkon bisa dikunci dengan baik.

Saat berada dalam kamar
Kuncilah pintu meski Anda berada dalam ruangan. Taruhlah kunci kamar di tempat yang mudah untuk dijangkau. Taruh pula sepasang sepatu didekat tempat tidur Anda. Ini untuk berjaga-jaga sekiranya Anda harus meninggalkan kamar dengan segera.

Jika ada orang yang mengunjungi Anda pada waktu yang tak diharapkan dan mengaku sebagai staf hotel, cobalah hubungi resepsionis terlebih dahulu untuk memastikan. Jangan pernah buka pintu kamar hotel sampai Anda yakin siapa yang mengetuk pintu. Gunakanlah lubang pengintip di pintu.