Skip to main content

Posts

Showing posts from November 12, 2010

Asal-Usul kemang jakarta selatan

Dulu, Kemang sulit dijangkau, jalannya masih tanah. Pamornya mulai terangkat lantaran dijadikan tempat mangkal para Jawara. Kini, Kemang berubah menjadi kampung modern. Penuh cafe, resto, hotel, dan tentu saja para bule ekspatriat.

Dibanding kawasan sekitarnya, nama Kemang sudah jauh terkenal karena memiliki karakteristik tofografi yang berbeda dengan kawasan lain di Selatan Jakarta. Kondisi tanahnya lebih tinggi dan berbukit-bukit kecil. Udaranya lebih sejuk karena pepohonannya masih rapat dan rimbun.

Oleh karenanya sejak jaman Belanda sudah menjadi tempat tinggal orang-orang berpengaruh. "Kemang sebenarnya sudah terkenal sejak abad 18. Ketika itu lurah beserta mandor-mandornya menetap di sini," tutur H. Ahmadi Umar salah seorang penduduk asli yang juga tokoh masyarakat Kemang.

Bukan cuma orang yang berpengarauh saat itu, para jawara pun banyak yang menetap di Kemang. "Ketika itu banyak Jawara di luar Kemang bilang, kalau ingin disegani tinggallah di Kemang meskipun aktiv…

Cagar Budaya situ Babakan:WISATA jakarta selatan

Pelestarian Asset Budaya Betawi

Situ Babakan adalah kawasan Cagar Budaya Betawi yang ditetapkan pemerintah DKI Jakarta, menggantikan kawasan Condet di Jakarta Timur yang dianggap sudah tidak relevan menyandang predikat Cagar Budaya Betawi karena perubahan baik fisik maupun non-fisik kawasan yang sangat pesat.

Setelah gagal mempertahankan kawasan Condet di Jakarta Timur sebagai kawasan budaya Betawi-akibat ketidakjelasan dan ketidakonsistenan Pemda DKI melaksanakan rencananya-Pemda DKI hari Jumat tanggal 1 Juni 2001 kembali mencanangkan kawasan Perkampungan Budaya Betawi yang kali ini berlokasi di Situ Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Pencanangan kampung Betawi itu dilakukan Gubernur DKI Sutiyoso bersamaan dengan dimulainya rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-474 Ja-kartaPerkampungan Budaya Betawi Situ Babakan luasnya sekitar 165 hektar termasuk Situ Babakan dan Situ Mangga Bolong dengan batas fisik, bagian utara berbatasan dengan Jalan Moch Kahfi II; bagian timur be…

KENYAMANAN kuliner di kemang

Jika Anda sedang berada di Jakarta, doyan kuliner yang cozy dan berkelas, Anda harus segera melangkahkan kaki ke Kemang Jakarta. Kenapa Kemang? Kemang adalah kampung modern yang di dalamnya bertaburan jenis-jenis kafe, resto, hotel, dan para ekspatriat.

Kemang memiliki topografi yang unik di antara daerah di Jakarta Selatan. Tanahnya lebih tinggi dan berbukit-bukit. Sejak zaman Belanda, Kemang sudah menjadi tempat tinggal orang-orang berpengaruh. Hingga kini, para ekspatriat banyak mendiami daerah Kemang Jakarta yang mulai menjadi kota modern sejak 1999 melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No.140/1999.

Surat keputusan itu dibuat tentu saja bukan karena banyaknya para ekspatriat yang mendiami daerah Kemang semata. SK Gubernur DKI dikeluarkan di antaranya karena Kemang Jakarta telah menjadi tempat wisatawan, tua maupun muda, menikmati hiburan di malam hari maupun siang hari.

Pada 90-an mulai banyak kafe-kafe didirikan di Kemang. Menjadi semakin terang-benderanglah Kemang Jakarta hi…

Tama Angrek Ragunan,WISATA jakarta selatan

Taman anggrek Ragunan (TAR) merupakan aset Pemda DKI Jakarta dengan luas lahan sekitar 5 ha, dikelola oleh Dinas Pertanian DKI Jakarta. Keberadaan TAR menjadi salah satu objek Wisata Agro, yang berfungsi sebagai: tempat wisata, tempat berlangsungnya aktivitas agribisnis tanaman anggrek baik dalam bentuk tanaman maupun bunga potong, dan sebagai sarana untuk mempelajari seluk beluk pemeliharaan anggrek

TAR dibagi menjadi 42 kavling yang dimanfaatkan untuk budidaya, pembibitan tanaman anggrek dan bunga potong. Disamping itu, dilengkapi pula dengan kios sarana produksi dan kantor pemasaran. Kavling-kavling anggrek tersebut dikelola oleh para petani anggrek yang tergabung dalam koperasi. Jenis-jenis anggrek yang diusahakan oleh para petani antara lain jenis Dendrobium, Orcidium, Arachnis, Phalaenopsis, serta tanaman hias penunjang lainnya.

Sumber:Wisata Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...